ANALIS MARKET (17/5/2019) : Sentimen Perang Dagang Masih Dominan, Cermati Pergerakan Saham Sektor Ritel

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (16/5), IHSG ditutup melemah ditekan oleh sektor perbankan dan konsumer.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Losers, yaitu: Misc. Industry (-2.4%), Basic Industry (-1.6%), dan Finance (-1.5%).

Sedangkan INNI Index melemah -1,63% senada dengan pelemahan kinerja IHSG, ditekan oleh saham-saham properti, seperti; CTRA (-4,6%) dan WIKA (-4,1%).

Riset juga menyebutkan, kemarin (16/5), investor asing mencatatkan net sell mencapai Rp1,1 triliun.

Sektor perbankan masih mencatatkan net sell terbesar hingga Rp581 milliar.

Selain itu, sektor telekomunikasi juga mencatatkan net sell hingga Rp220 miliar. Adapun investor domestik mencatatkan net sell pada sektor aneka industri sebesar Rp66,8 miliar dan sektor perdagangan sebesar Rp20,7 miliar.

Sementara itu, aksi AS terkait Huawei Technologies perusahan asal Tiongkok yang dilarang membeli perlengkapan dan komponen dari perusahaan domestik tanpa persetujuan pemerintah menambah ketegangan di antara kedua belah pihak.

Disisi lain, Dow Jones ditutup menguat 0,84% ke level 25.862 didorong oleh laporan keuangan emiten yang memuaskan dan rilisnya data ekonomi AS mengenai pembangunan rumah baru pada April yang naik sebesar 5,7% menandakan konsumsi negara AS masih tetap kuat.

Dari sisi domestik, BI memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan (BI 7 Day RR) sebesar 6%. Alasan Bank Indonesia untuk mempertahankan suku bunga acuannya disebabkan oleh ketidakpastian di pasar keuangan global yang meningkat.

“Hari ini, perhatikan saham-saham ritel yang paling diminati oleh investor asing,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (17/5/2019).