Sepakat, URBN Cari Dana Rp518 Miliar Lewat Private Placement

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN) pada Jumat (05/4/2019) pagi ini, sepakat untuk menerbitkan 320.366.000 lembar saham baru dalam dua tahun mendatang.

Jumlah tersebut setara 10% dari modal disetor, melalui Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau Private placement.

Dengan analisa harga pelaksanaan private placement sebesar Rp2.030 perlembar saham, berdasarkan harga penutupan tanggal 31 Desember 2018. Dengan demikian, perseroan berpotensi meraup dana sebesar Rp650,324 miliar.

Pada tahap awal, menurut Direktur URBN, Tri Rachman Batara, sebanyak 8% dari total saham baru tersebut atau setara Rp66,03 miliar telah diserap oleh Ibukota Develompment Ltd (IDL).

“IDL menyerap sekitar 8% dari total saham baru itu sebagai bentuk konversi utang perseroan senilai USD4,544 juta atau Rp66,03%,” kata dia di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Ia menambahkan, dengan konversi utang tersebut maka kepemilikan IDL pada emiten property itu akan meningkat.

“Porsi saham IDL pada perseroan meningkat menjadi 10,2% dari sebelumnya 8,93%,’ kata dia.

Sedangkan sisa saham baru tersebut, jelas Tri, masih mencari investor strategis, baik dari dalam negeri maupun luar negeri sampai dua tahun mendatang.

Rencananya, dana hasil sisa private placement itu akan digunakan sebagai modal kerja.

“Bisnis kami cukup khas dengan pengembangan TOD (Transit Oriented Development) di jalur LRT. Jadi kami ingin investor itu paham dengan rencana tersebut,” jelas dia.