Puluhan Perusahaan Akan Terbitkan Surat Utang Senilai Rp41,6 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Minat perusahaan untuk menerbitkan surat utang mulai menggeliat pada kuartal II 2019 ini. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), hingga saat ini telah menerima mandat pemeringkatan efek dari belasan perusahaan dengan total nilai penerbitan sebesar Rp41,65 triliun.

Presiden Direktur Pefindo, Salyadi Saputra mengatakan, total mandat tersebut terdiri dari obligasi senilai Rp34 triliun dan Medium Term Notes (MTN) senilai Rp7,6 triliun.

“Kalau dari Rp41,6 triliun itu, kita asumsikan jadi terbit senilai Rp30 triliun maka sampai akhir semester I 2019 total penerbitan surat utang korporasi mencapai Rp60 triliun,” kata Salyadi di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Sedangkan peringkat yang diperoleh dari efek yang akan terbit itu, kata dia, berupa peringkat idAAA dan IdAA.

“Ada juga yang single A tapi umumnya datang dari perusahaan pelat merah. Karena akan terkait imbal hasil yang akan ditawarkan kepada calon investor,” jelas dia.

Sementara itu, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pada akhir Maret 2019, terdapat sembilan perusahaan yang akan menerbitkan obligasi dan sukuk senilai Rp8,85 triliun.

Rinciannya; PT Permodalan Nasional Madani senilai Rp2 triliun, PT Oto Multiartha senilai Rp1 triliun, PT Bank Danamon Indonesia Tbk senilai Rp2 triliun, PT Maybank Indonesia Finance senilai Rp1 triliun, PT Surya Artha Nusantara Finance senilai Rp750 miliar, PT Sinar Mas Multifinance senilai Rp400 miliar, PT Medco Power Indonesia senilai Rp350 miliar, dan PT J Resources Asia Pacific Tbk senilai Rp500 Miliar.