Uber Akuisisi Careem dengan Dana US$1,3 Miliar

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan transportasi Amerika Serikat Uber pada Selasa (26/3/2019) mengumumkan akuisisi yang telah dilakukan terhadap perusahaan transportasi Uni Emirat Arab yang berbasis di Dubai, Careem, dengan dana mencapai US$3,1 miliar atau sekitar Rp44 triliun.

Careem didirikan pada 2012 lalu dan beroperasi di 15 negara yang berada di Timur Tengah, Afrika, dan Asia. Careem selanjutnya akan tetap beroperasi dengan brand tersebut, sebagai anak perusahaan Uber.

“Momen ini adalah momen penting bagi Uber yang terus berupaya untuk mengembangkan platform kami ke seluruh dunia,” ungkap CEO Uber Dara Khosrowshahi dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip BBC News.

“Careem telah memainkan peran penting dalam membentuk masa depan mobilitas urban di Timur Tengah, menjadikannya salah satu perusahaan startup terbaik di kawasan tersebut,” jelasnya.

Pendiri sekaligus CEO Careem, Mudassir Sheikha, akan terus memimpin perusahaan setelah akuisisi mendapat persetujuan pihak regulator.

Uber saat ini tengah mempersiapkan IPO (Initial Public Offering) di Bursa Efek New York, AS. Valuasi pasar Uber diperkirakan mencapai US$120 miliar.