ANALIS MARKET (25/3/2019) : Indeks Diprediksi Sideways, Sektor Pertanian dan Komoditas Direkomendasi Beli

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali melanjutkan penguatannya ditopang oleh sektor keuangan pada perdagangan akhir pekan lalu (22/3).

Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers JCI, yaitu: Finance (+0.99%), Agriculture (+0.62%), dan Infrastructure (+0.51%).

Sementara itu, INNI Index menguat 0,21% pada Jumat (22/3) lalu, sedikit lebih rendah dibandingkan IHSG yang menguat 0,36%. Hal ini seiring dengan penguatan Bank Danamon (BDMN), yang tidak terdapat pada INNI, sebesar 4,37% terkait aksi merger dengan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG).

Lebih lanjut, riset NH Korindo mengungkapkan, pada Jumat (22/3) lalu, investor asing mencatatkan net buy hingga Rp487 miliar.

Sektor perbankan menjadi incaran utama investor asing dengan net buy Rp213 miliar. Sektor kedua incaran investor asing adalah sektor properti dengan net buy Rp111 miliar. Kedua sektor ini menopang penguatan IHSG hingga sebesar 0,36%. Kebijakan makroprudensial dari Bank Indonesia turut mengantarkan kedua sektor ini menjadi incaran utama investor asing.

Adapun Investor domestik melakukan net buy untuk sektor konstruksi hingga Rp20 miliar di tengah potensi kenaikan kredit perbankan yang lebih tinggi. Sektor konstruksi merupakan salah satu industri yang membutuhkan pembiayaan besar dari perbankan.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, kami memperkirakan INNI Index pada hari ini akan bergerak sideways sembari investor menantikan data uang beredar yang akan dirilis oleh Bank Indonesia pekan ini. Investor mungkin akan mulai membeli saham sektor pertanian seperti AALI dan LSIP (keduanya terdapat pada INNI Index) setelah pekan lalu melemah 5,8%. Adapun Industri CPO menargetkan pertumbuhan hasil panen sawit sebesar 5%- 10% ditopang oleh peningkatan yield dari tanaman immature menjadi mature,” sebut analis NH Korindo dalam riset yang dirilis Senin (25/3/2019).