OPEC Indikasikan Lanjut Kurangi Produksi, Harga Minyak Dunia Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Senin (18/3/2019) dengan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan negara-negara produsen minyak mentah non-OPEC mengindikasikan akan memperpanjang kesepakatan pengurangan produksi sebesar 1,2 juta barel per hari, yang akan berakhir Juni mendatang, sesuai dengan kondisi pasar.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April 2019 naik 57 sen menjadi US$59,09 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei 2019 meningkat 38 sen menjadi US$67,54 per barel di London ICE Futures Exchange.

Panel menteri negara-negara OPEC dan non-OPEC dalam pertemuan di Baku, Azerbaijan, merekomendasikan pembatalan pertemuan luar biasa yang dijadwalkan berlangsung pada 17 dan 18 April dan akan mengadakan pertemuan reguler pada 25 dan 26 Juni.

Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih pada Senin menyebutkan bahwa terlalu dini untuk membicarakan perpanjangan kesepakatan pada April, meski memang upaya untuk terus menyeimbangkan pasar terus berlanjut.

“Selama tingkat persediaan terus meningkat dan kita berada jauh dari level normal, kita akan terus mengarahkan pasar menuju keseimbangan,” jelas Al-Falih.