ANALIS MARKET (18/3/2019) : Net Buy Asing Diproyeksi Berlanjut, Sektor Perbankan Jadi Andalan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat pada Jumat (15/3) lalu, di tengah rilis data surplus neraca dagang dan berlanjutnya net foreign buy pada sektor keuangan. Sektor perdagangan yang mengalami Top Gainers JCI, yaitu: Basic Industry (+2.35%), Finance (+1.29%), dan Trade (+0.52%).

Adapun INNI Index bergerak menguat 0,91% Jumat kemarin (15/3), ditopang sektor infrastruktur (+2,6%) dan sektor perdagangan (2,2%).

Saham JSMR menguat hingga 4,93% berkat himpun dana Rp1 triliun untuk proyek pembangunan infrastruktur jalan tol.

Sementara itu, investor asing mencatatkan net buy Rp410 miliar jumat lalu dengan sektor perbankan menerima net buy terbesar hingga Rp564 miliar.

Neraca perdagangan Indonesia mencatatkan surplus setelah sebelumnya negatif selama 4 bulan terakhir.

Sebelumnya estimasi Bloomberg untuk neraca perdagangan Indonesia defisit USD782 juta untuk Februari 2019, namun ternyata fakta menunjukkan surplus USD330 juta. Hal ini menyebabkan investor asing mulai percaya terhadap kinerja perdagangan Indonesia.

Adapun Investor domestik mencatatkan net buy Rp75 miliar untuk sektor otomotif dengan adanya wacana perubahan aturan PPnBM yang bertujuan untuk mendorong industri kendaraan memasuki era mobil listrik rendah emisi.

“Kami memperkirakan hari ini INNI index akan bergerak menguat melanjutkan net buy asing yang dimulai pada Jumat lalu. Sektor perbankan diperkirakan masih akan menjadi andalan net buy investor asing. Selain itu, kami perkirakan sektor ritel dan otomotif akan menjadi andalan pekan ini, mengikuti sektor konsumer yang telah mulai menguat pada pekan lalu,” sebut analis NH Korindo dalam riset yang dirilis Senin (18/3/2019).