Pasokan Diperkirakan Surplus, Harga Minyak Dunia Turun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Jumat (15/3/2019) setelah International Energy Agency (IEA) memperkirakan bahwa pasokan pasar minyak mentah global akan mengalami surplus pada kuartal I 2019.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April 2019 turun 9 sen menjadi US$58,52 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei 2019 turun 7 sen menjadi US$67,16 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam laporan yang dirilis Jumat, IEA memperkirakan suplai pasar minyak global akan mengalami surplus pada kuartal I 2019 berkat solidnya pertumbuhan permintaan, minimnya penurunan produksi OPEC, dan terjadinya peningkatan produksi Amerika Serikat. Suplai pasar minyak global kemudian akan mengalami penurunan 0,5 juta barel per hari pada kuartal II 2019.

IEA menyebutkan pentingnya pengurangan produksi oleh negara-negara produsen minyak, untuk meningkatkan bantalan kapasitas cadangan. Terutama di saat sentimen pasar saat ini lebih pesimistis dan perekonomian global mulai memasuki masa-masa rentan.