Harga Minyak Dunia Turun Lebih Dari 2 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami penurunan lebih dari 2 persen pada Kamis (7/2/2019) dipicu kekhawatiran terhadap terganggunya pertumbuhan permintaan.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2019 turun US$1,65, atau sekitar 3,05 persen, menjadi US$52,38 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret 2019 merosot US$1,35, atau sekitar 2,2 persen, menjadi US$61,34 per barel di London ICE Futures Exchange.

Para trader khawatir berlarutnya tensi Amerika Serikat dan Tiongkok di bidang perdagangan berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan permintaan minyak mentah. Selain itu, para trader juga diliputi kecemasan terhadap ketidakpatuhan negara-negara produsen minyak terhadap kesepakatan pengurangan produksi.

“Ada ketidakpastian terkait perkembangan negosiasi perdagangan, pertumbuhan ekonomi global, dan pertumbuhan permintaan untuk setahun ke depan,” jelas Gene McGillian, direktur riset pasar Tradition Energy di Stamford, Connecticut, seperti dikutip Reuters.

Menurut McGillian, pasar meragukan permintaan yang ada cukup untuk menyerap pasokan minyak global. Akibatnya, harga minyak dunia mengalami penurunan.