ANALIS MARKET (02/12/2019) : Pasar Menunggu Data Inflasi Periode November

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, pada penutupan perdagangan Jumat (29/11), IHSG mencatatkan net foreign sell sebesar Rp219 miliar dengan sektor perbankan mencatatkan net sell sebesar Rp62 miliar.

Di sisi lain, TLKM berhasil membukukan net foreign buy sebesar Rp62 miliar setelah Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia meyakini prospek kinerja bisnis perseroan akan lebih baik seiring dengan adanya tambahan menara dan pusat data.

Dari sisi komoditas, harga emas Comex kontrak Februari 2020 ditutup menguat 0,21% ke level USD1.463 per troy ounce setelah tensi AS dan Tiongkok kembali memanas.

Sedangkan nilai tukar rupiah tercatat mengalami pelemahan sebesar 0,16% ke level 14.114 per dolar AS.

Sementara itu, Dow Jones ditutup melemah 0,40% ke level 28.051 dipicu oleh keputusan Presiden AS Trump untuk meneken UU HAM Hong Kong sebagai bentuk dukungan bagi pengunjuk rasa anti-pemerintah Hong Kong.

Adapun Pemerintah Tiongkok melarang orang-orang yang terlibat dalam pembuatan UU tersebut memasuki wilayah Tiongkok.

Dari sisi domestik, pelaku pasar menunggu data Inflasi periode November yang akan dirilis oleh BPS pada hari ini. Sejumlah ekonom memprediksi inflasi pada November dipicu oleh faktor musiman menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Senin (02/12/2019).