Persiapan Kerjasama Investasi Dengan UEA, Menko Luhut Gelar Rakor

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Bidang Maritim dan Investasi menggelar rapat koordinasi terkait persiapan kerja sama Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA). Dalam rapat tersebut dihadiri sejumlah menteri dan perwakilan kementerian.

Para menteri yang hadir diantaranya Menteri Agama, Fachrul Razi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, Menteri luar Negeri, Retno Marsudi dan wakilnya Mahendra Siregar, Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin dan lain-lain.

"Tadi semua (persiapan) sudah beres 95 persen," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Meski demikian, Luhut enggan membeberkan potensi investasi yang bakal diterima Indonesia dari Uni Emirat Arab.

"Kalau angka-angkanya enggak enak (disebutkan). Tapi cukup lumayan besar," ujarnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang menceritakan bahwa dalam rapat tersebut membahas tentang persiapan tanda tangan investasi di Abu Dhabi beberapa waktu mendatang.

Seperti arahan Presiden Joko Widodo, kata Ridwan, akan banyak proyek yang ditawarkan.

"Banyak banget proyek energi Pertamina, PLN, bahkan sampai proyek perkebunan," ujar Emil sapaan Ridwan di Kantor Kementerian Bidang Maritim dan Investasi di Jakarta Pusat.

Disamping itu, Emil juga membawa paket investasi senilai Rp 113 triliun. Investasi itu untuk sejumlah proyek seperti pembangunan ini ibukota provinsi baru di Rebana, proyek PLTS Cirata senilai Rp 50 triliun, pusat konvensi dan sampah untuk energi.

"Semua (proyek) digabung, ada BUMN dan Pemda," tandasnya.