SoftBank Alami Kerugian Operasional 704 Miliar Yen

foto: istimewa

Pasardana.id - SoftBank Group pada Rabu (6/11/2019) merilis laporan yang menyebutkan bahwa perusahaan konglomerat Jepang tersebut mengalami kerugian operasional sebesar 704 miliar yen atau sekitar US$6,46 miliar (Rp90,5 triliun) pada periode tiga bulan sampai September 2019.

Pada periode tiga bulan sampai September 2018, Softbank mencatatkan perolehan laba operasional sebesar 706 miliar yen.

Seperti dilansir Reuters, para analis sebetulnya memperkirakan SoftBank hanya akan mengalami kerugian sebesar 48 miliar yen pada periode tiga bulan sampai September 2019. Kerugian yang dialami SoftBank merupakan kerugian kuartalan pertama yang dialami dalam 14 tahun terakhir.

Melalui investasi yang dilakukan lewat Vision Fund, SoftBank mengalami kerugian belum terealisasi sebesar 537,9 miliar yen akibat turunnya valuasi WeWork dan Uber.

Bulan lalu, SoftBank harus mengeluarkan dana US$10 miliar untuk mengatasi permasalahan keuangan WeWork yang gagal melakukan IPO (Initial Public Offering).

Seiring buruknya hasil yang didapat dalam periode tiga bulan sampai September 2019, SoftBank untuk saat ini tidak merilis laporan perkiraan kinerja tahunan perusahaan.