Harga Minyak Dunia Naik Tiga Sesi Beruntun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik untuk sesi ketiga beruntun pada Selasa (5/11/2019), dipicu harapan membaiknya hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember 2019 naik 69 sen, atau sekitar 1,2 persen, menjadi US$57,23 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2020 meningkat 83 sen, atau sekitar 1,3 persen, menjadi US$62,96 per barel di London ICE Futures Exchange.

Kesepakatan dagang fase pertama antara Amerika Serikat dan Tiongkok akan ditandatangani pada pertengahan bulan ini. Termasuk di dalamnya adalah penghapusan tarif 15 persen yang dikenakan AS terhadap produk senilai US$112 miliar yang diimpor dari Tiongkok yang berlaku sejak September lalu.

Harga minyak dunia juga terdongkrak pernyataan Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh bahwa ia mengharapkan pemangkasan produksi lebih lanjut dapat disepakati dalam pertemuan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) Desember mendatang.