126 Produk Reksa Dana Raih Predikat 'Bintang 5' di Ajang Top Mutual Fund Awards 2019

Foto : Pasardana.id

Pasardana.id – Majalah Infobank dan PasarDana (PT Bina Investama Infonet) menggelar acara “Infobank 1st Top Mutual Fund Awards 2019” di Graha CIMB Niaga, Sudirman, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

Sebanyak 126 produk reksa dana dari 36 perusahaan manajemen investasi meraih predikat 'Bintang 5' sehingga berhasil meraih penghargaan “Top Mutual Fund Awards 2019”.

Penghargaan diberikan berdasarkan hasil riset pemeringkatan reksa dana yang dilakukan Biro Riset Infobank (birI) bekerjasama dengan PasarDana.

Riset dilakukan dengan menggunakan dua klasifikasi, yaitu jenis aset investasi dalam portofolio reksa dana dan kinerja historis dalam periode penelitian.

“Pertama, berdasarkan jenis aset investasi dalam portofolio, reksa dana dibagi ke dalam empat jenis, yakni pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Hal ini dilakukan untuk menentukan profil risiko, karena setiap jenis aset investasi memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda,” ungkap Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank, saat memberikan kata sambutan.

Kedua, jelasnya lagi, berdasarkan kinerja historis periode. Tujuannya untuk mengevaluasi kinerja produk reksa dana dalam rentang waktu tertentu.

Ditambahkan, dalam penelitian kali ini, digunakan empat periode pengamatan, yakni satu tahun, tiga tahun, lima tahun, dan 10 tahun.

Adapun untuk melakukan pemeringkatan, digunakan indikator sharpe ratio, yakni pengukuran kinerja portofolio berdasarkan perbandingan antara imbal hasil (return) dan risiko (risk).

Menurut Suryanto Wijaya selaku Chairman & CEO PasarDana, indikator penilaian ini lazim digunakan dalam penilaian kinerja portofolio investasi.

Dalam perhitungannya, metode ini dilakukan dengan cara mencari return lebih (excess return) yang merupakan selisih antara rata-rata return portofolio dan rata-rata return investasi bebas risiko, kemudian dibagi dengan standar deviasi yang merupakan risiko total portofolio.

“Jadi, makin tinggi nilai sharpe ratio berarti semakin baik kinerja portofolio. Begitu pula sebaliknya. Hasil pemeringkatan, dari total 2.169 produk reksa dana, ada 126 produk reksa dana yang berhasil meraih predikat “Bintang 5” atau predikat tertinggi pada rating pemeringkatan ini,” ujar Suryanto Wijaya, saat memberikan kata sambutan.

Lebih lanjut disampaikan, riset pemeringkatan ini bertujuan untuk mengevaluasi produk reksa dana berdasarkan capaian kinerja historisnya. Dengan hasil pemeringkatan ini, nasabah maupun calon nasabah memiliki informasi yang cukup sahih dalam memilih produk reksa dana terbaik.

“Kami mengharapkan acara ini dapat meningkatkan kualitas dan memacu kompetisi di industri reksa dana di Indonesia. Pemberian apresiasi kepada reksa dana top ini juga diharapkan dapat memajukan dan meningkatkan pemahaman dan kepercayaan masyarakat pada reksa dana. Sejalan dengan target OJK untuk 5 Juta Investor pada 2021,” tandas Suryanto Wijaya.