Ketegangan Hubungan AS-Tiongkok Mencuat, Harga Minyak Dunia Turun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Jumat (22/11/2019) dipicu mencuatnya ketegangan hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2020 turun 81 sen menjadi US$57,77 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2020 merosot 58 sen menjadi US$63,39 per barel di London ICE Futures Exchange.

Menurut Presiden Tiongkok Xi Jinping, Tiongkok ingin melakukan finalisasi kesepakatan dagang dengan AS. Namun apabila tidak ada itikad baik dari AS, maka Tiongkok tidak takut untuk melakukan retaliasi.

Pernyataan Xi tersebut sebagai respon terhadap pernyataan Presiden AS Donald Trump bahwa faktor Hong Kong menjadi penghambat tercapainya finalisasi kesepakatan dagang dengan Tiongkok. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS pada Kamis (21/11/2019) mengesahkan undang-undang yang mendukung ditegakkannya hak asasi manusia dan demokrasi di Hong Kong.

Tarif baru terhadap produk yang diimpor dari Tiongkok rencananya akan diberlakukan pemerintah AS mulai 15 Desember mendatang. Apabila tidak ada finalisasi kesepakatan yang dilakukan sampai tenggat waktu tersebut, maka tarif baru akan mulai berlaku.