Perkuat Hubungan, Kementerian ESDM Tempatkan Pejabatnya Di Perusahaan Tambang dan Migas

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membuat program magang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tingkat manajerial.

Program tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan antara pemerintah dan para badan usaha pertambangan dan perminyakan.

"Magangnya 2 minggu, selain Magang kelas training dulu, kemudian e-learning ambil kursus online, On Job Training, dan kemudian mentoring untuk ilmu manajerial, ini program disusun selama tiga tahun, ini tahun pertama bagi mereka, untuk new hire yang 2014 dan 2015," ucap Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar saat  menutup Program Kerja Magang Tingkat Manajerial PNS Kementerian ESDM, di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Dia mengatakan selama 2 minggu Magang, perusahaan memberikan feedback positif terkait program tersebut, terutama untuk mengetahui seluk beluk badan usaha dan para PNS bisa memahami dalam urusan pemberian izin dan regulasi yang lebih tepat.

"Feedback-nya mereka minta diperpanjang, biar bisa memahami bisnis di sana, dan badan usaha mendapat manfaat cara berpikir orang ESDM, ini juga jembatan untuk kedua pihak untuk saling pengertian. Apa tujuannya ini akan mempercepat proses seperti izin-izinnya agar bisa mengerti," ucapnya.

Program magang tersebut memiliki lima hal yang difokuskan. Diantaranya adalah proses penambang manajerial, supply chain, finance, project management, dan leadership.

"Paling tidak eselon III dan IV ini memahami apa yang terjadi di lapangan, kalau ada urusan disini mereka bisa mengerti," ucapnya.

Perusahaan yang menjadi mitra dalam program magang tersebut diantaranya adalah Adaro Energy, Chevron, Freeport, PLN, Conoco Phillips, dan sebagainya.