ANALIS MARKET (10/10/2019) : Kemungkinan Rupiah Menguat Menuju Kisaran Antara Rp.14.150 - Rp.14.170 per USD

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, ada potensi indeks di bursa Asia akan naik hari ini, Kamis (10/10), terlihat dari indeks futuresnya yang sebagian besar ‘hijau’, ditambah sentimen naiknya indeks di bursa global semalam.

Adapun harga minyak mentah dibuka bervariasi pagi ini dengan harga jenis WTI turun sementara harga Brent naik.

Sementara mata uang kuat Asia, yen dan HK dolar dibuka menguat terhadap US dolar yang bisa membuat rupiah berpotensi menguat.

“Kemungkinan rupiah menguat menuju kisaran antara Rp.14.150 - Rp.14.170 per USD (kurs tengah Bloomberg),” sebut Lana Soelistianingsih, Kepala Riset/Ekonom SAM dalam riset yang dirilis Kamis (10/10/2019).

Lebih lanjut, riset SAM juga menyoroti perihal indeks daya saing global (GCI) Indonesia untuk tahun 2019 yang tercatat turun menjadi 50 dari peringkat 45 di tahun 2018.

Penilaian terendah tercatat pada kapabilitas inovasi, sedangkan penilaian tertinggi pada stabilitas makroekonomi.

Perbaikan SDM tampaknya sudah menjadi agenda pemerintahan Jokowi ke-2 dengan menyiapkan kartu pra kerja untuk meningkatkan keahlian SDM. 

Sementara dari eksternal, ada optimisme kesepakatan perang dagang AS-China pada pertemuan 10-11 Oktober ini akan tercapai.

Pejabat China memberi sinyal China akan menerima partial deal dan menjanjikan akan membeli produk pertanian AS dengan lebih banyak.

Pasar merespon optmisme ini di tengah potensi masih belum solidnya pejabat The Fed untuk menurunkan suku bunganya pada pertemuan 28-30 Oktober ini.