Perkuat Armada, PSSI Siapkan USD50 Juta Tahun 2019

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) berencana untuk menyiapkan USD40 juta dollar sampai USD50 juta untuk belanja modal di 2019, terutama untuk pembelian kapal tunda dan tongkang dan kapal induk, tergantung perkembangan dan kondisi pasar.

Sekretaris Perusahaan PSSI, Imelda Agustina Kiagoes mengatakan, hal tersebut diatas dilakukan untuk mendukung program ekspansi di tahun ini.

“PSSI telah menyiapkan rencana strategis untuk mengoptimalisasi kapasitas posisi keuangan sesuai dengan target Perseroan untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan nilai tambah yang lebih tinggi bagi para pemegang saham,” tulis Imelda dalam siaran pers, Selasa (8/1/2019).

Untuk diketahui, PSSI mencatatkan 80 unit armada pada akhir tahun 2018, setelah penandatanganan dua Perjanjian Jual dan Beli (SPA) untuk satu unit Kapal Induk kelas Handysize dan satu unit Kapal Tunda.

Penambahan armada ini menunjukkan komitmen berkelanjutan Perseroan untuk melayani basis pelanggan yang lebih besar dan menggarap potensi pasar logistik yang baru di Indonesia, seiring usaha Pemerintah yang sedang menggenjot infrastruktur berbasis maritim seperti pembangunan beberapa pelabuhan baru.

“Apalagi, bangkitnya industri pengolahan mineral Indonesia, dan tambahan pembangkit milik PLN, yang pada gilirannya akan meningkatkan permintaan untuk industri logistik di tanah air,“ jelas dia.

Lebih lanjut Imelda menerangkan, perseroan berinvestasi sekitar USD9,7 juta untuk satu unit MV Handysize bertonase 32.000 dwt dan satu unit Kapal Tunda 2x1.200 hp yang diberi nama JKW Mahakam VII.

Sebagai catatan, perseroan menghabiskan sekitar USD9,6 juta untuk belanja modal untuk periode 9 bulan 2018 sehingga tambahan unit MV dan kapal tunda ini akan mengangkat belanja modal secara year-to-date (YTD) menjadi sekitar USD19,8 juta dari sekitar USD15,7 juta di tahun 2017.