Indeks Nikkei Melambung 2,44 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melambung 477,01 poin, atau sekitar 2,44 persen, pada Senin (7/1/2019), menjadi 20.038,97. Indeks Topix juga menguat, melambung 2,8 persen menjadi 1.512,53, dengan seluruh 33 subsektor berakhir di teritori positif.

Seperti dilansir Reuters, indek Nikkei mengalami rebound mengikuti pergerakan positif yang berlangsung di Wall Street berkat komentar dovish pimpinan Federal Reserve Amerika Serikat Jerome Powell yang meredakan kekhawatiran perlambatan pertumbuhan perekonomian global.

Sentimen pasar juga terdongkrak berlangsungnya pertemuan antara para pejabat AS dan Tiongkok di Beijing. Saham perusahaan-perusahaan dengan pasar ekspor Tiongkok melonjak, dengan saham Komatsu dan Kubota Corporation masing-masing melambung 6,9 persen dan 4,8 persen.

Saham Toyota Motor Corporation, Sony Corporation, Nintendo, dan Mitsubishi UFJ Financial Group juga menguat secara signifikan, masing-masing meningkat 3,2 persen, 3,6 persen, 5,9 persen, dan 2,3 persen.

Saham Takeda Pharmaceutical meroket 7,5 persen setelah mengajukan penerbitan saham baru. Pengajuan tersebut seusai dengan ekspektasi pasar, membuat Takeda selangkah mendekati penuntasan akuisisi Shire dengan dana US$59 miliar.

Para investor selanjutnya menantikan laporan kuartalan perusahaan-perusahaan dengan tahun bisnis yang berakhir Februari dan Agustus. Termasuk di antaranya adalah Fast Retailing, FamilyMart UNY Holdings, dan Yaskawa Electric Corporation.

Nilai tukar dolar AS terhadap yen berada di kisaran 108,53 yen per dolar AS.