Harga Minyak Dunia Teruskan Peningkatan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia meneruskan peningkatan pada Jumat (4/1/2019) setelah rencana berlangsungnya pertemuan antara pemerintah Amerika Serikat dan Tiongkok untuk membahas masalah perdagangan pada 7 sampai 8 Januari mendatang di Beijing meredakan kekhawatiran perlambatan pertumbuhan perekonomian dunia.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari 2019 naik 87 sen, atau sekitar 1,85 persen, menjadi US$47,96 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret 2019 meningkat US$1,11, atau sekitar 1,98 persen, menjadi US$57,06 per barel di London ICE Futures Exchange.

Setelah sempat mengalami kemerosotan tahun lalu, harga minyak dunia kembali solid pada pekan pertama 2019. Harga minyak WTI melonjak 5,8 persen sepekan terakhir dan harga minyak mentah Brent melambung 9,3 persen.

Peningkatan harga minyak dunia menjadi terbatasi setelah Energy Information Administration pada Jumat merilis data yang menunjukkan peningkatan persediaan bahan bakar minyak (BBM) dan distilat di AS. Persediaan BBM naik 6,9 juta barel dan persediaan distilat meningkat 9,5 juta barel.

Sementara itu, perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes menyebutkan dalam laporan terbarunya bahwa jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di AS berkurang delapan buah menjadi 877 buah. Pengurangan yang terjadi meruapakan yang pertama dalam tiga pekan terakhir.