Michelin Akan Kuasai 80% Saham MASA

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Compagnie Generale Des Etablissment Michelin (Michelin) berencana mengambilalih sebanyak 7.346.357.556 lembar saham atau 80% dari total saham PT Multisrada Arah Sarana Tbk (MASA).

Hal itu tertuang dalam perjanjian antara Pieter Tanuri dan Central Sole Agency dengan Michelin pada pada tanggal 22 Januari 2019.

Sekretaris Perusahaan MASA, Yohanes Ade Bunian Moniaga menyatakan, bahwa perseroan telah menerima pemberitahuan pemegang saham pengendali (PSP), dalam hal ini Pieter Tanuri, yang menginformasikan bahwa pihaknya telah membuat perjanjian jual beli saham dengan Michilen.

“Berdasarkan perjanjian jual beli saham, nilai perseroan sebesar USD700 juta dan Michelin akan membayar USD439 juta untuk saham yang dibeli,” tulis Ade dalam keterangan resmi perseroan, Rabu (23/1/2019).

Dijelaskan, rencana jual beli saham ini tidak terdapat hubungan afiliasi antara PSP dan Michelin sebagai calon PSP baru.

Masih berdasarkan keterangan tersebut, rencana ini dapat mempengaruhi harga efek perseroan di bursa dan perubahan PSP juga dapat mempengaruhi kinerja dan kelangsungan usaha perseroan.