Kinerja IBM Meningkat Berkat Inovasi Teknologi

foto: istimewa

Pasardana.id - IBM melaporkan perolehan laba kuartal IV dan tahun 2018 yang memuaskan setelah Bursa Efek New York tutup pada Selasa (22/1/2019), yang memicu saham perusahaan teknologi informasi Amerika Serikat tersebut melambung sekitar 7 persen dalam perdagangan after-hours.

Laba IBM untuk kuartal IV 2018 mencapai US$4,87 per saham, melampaui ekspektasi para analis US$4,82 per saham. Pendapatan IBM pada kuartal tersebut mencapai US$21,8 miliar, turun 3 persen year-on-year, namun masih di atas ekspektasi pasar US$21,71 miliar.

Laba tahunan IBM mencapai US$13,81 per saham pada 2018, melampaui estimasi para analis. Pendapatan tahunan meningkat 1 persen menjadi US$79,6 miliar.

Baiknya kinerja IBM tahun lalu tak terlepas dari kemajuan penting yang dicapai dalam melakukan inovasi teknologi, seperti dalam mengembangkan kecerdasan buatan dan komputasi awan.

"Pada 2018 kami kembali meraih pertumbuhan pendapatan setahun penuh, yang merefleksikan meningkatnya permintaan akan layanan dalam cloud hybrid, AI, analitik, dan keamanan," kata Ginni Rometty yang menjabat sebagai chairman, presiden, dan juga sekaligus CEO IBM, seperti dikutip Xinhua.

"Klien utama di seluruh dunia, seperti BNP Paribas, beralih ke IBM Cloud dan keahlian industri kami yang tak tertandingi untuk mengubah bisnis mereka dan mendorong berlangsungnya inovasi," ungkap Rometty.

Layanan bisnis global IBM mencatatkan perolehan laba sebesar US$4,3 miliar pada kuartal IV 2018, meningkat 4 persen year-on-year, dengan divisi konsultasi, manajemen aplikasi, dan layanan proses global mengalami pertumbuhan yang signifikan.