Harga Minyak Dunia Akhiri Reli

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Jumat (11/1/2019), mengakhiri reli yang berlangsung sembilan sesi beruntun sebelumnya.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari 2019 turun US$1 menjadi US$51,59 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret 2019 merosot US$1,2 menjadi US$60,48 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia turun seiring melemahnya saham sektor energi S&P 500 di Bursa Efek New York, Amerika Serikat, dengan indeks sektor tersebut turun 0,58 persen. Baik penurunan harga minyak dunia dan pelemahan saham sektor energi terjadi di saat berlarutnya government shutdown di AS, yang telah berlangsung tiga pekan terakhir.

Harga minyak dunia juga mengalami tekanan dari penguatan nilai tukar dolar AS, yang menyebabkan para pemilik dana dalam mata uang lain harus merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan pembelian komoditas tersebut.

Meski mengalami penurunan dalam sesi perdagangan terakhir pekan ini, harga minyak WTI naik sekitar 8 persen dan harga minyak mentah Brent meningkat 6 persen dalam sepekan terakhir.

Sementara itu, perusahaan jasa perminyakan Baker Hughes pada Jumat merilis laporan yang menyebutkan bahwa fasilitas pemboran minyak yang aktif di AS turun empat buah. Jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di AS terus menurun dua pekan terakhir.