Badai Tropis Gordon Mereda, Harga Minyak Dunia Merosot

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia merosot pada Rabu (5/9/2018) seiring meredanya Badai Tropis Gordon dan meningkatnya kekhawatiran para investor terhadap penurunan permintaan minyak mentah di negara-negara emerging market.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober 2018 anjlok US$1,15, atau sekitar 1,65 persen, menjadi US$68,72 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2018 turun 90 sen, atau sekitar 1,15 persen, menjadi US$77,27 per barel di London ICE Futures Exchange.

Badai Tropis Gordon tidak menyebabkan kerusakan berarti terhadap fasilitas pemboran minyak lepas pantai dan infrastruktur kilang minyak yang berada di kawasan Teluk Meksiko. Badai tersebut saat ini telah mereda.

Sementara itu, krisisi nilai tukar mata uang yang berlangsung di Turki dan Afrika Selatan menimbulkan kekhawatiran bagi para investor terhadap pertumbuhan permintaan minyak mentah di negara-negara emerging market.  

Meski demikian, Sekretaris Jenderal OPEC Mohammad Barkindo pada Rabu mengungkapkan bahwa konsumsi harian minyak mentah global akan mencapai 100 juta barel akhir tahun ini, lebih cepat dari perkiraan.