Cadangan Minyak AS Turun, Harga Minyak Dunia Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Rabu (19/9/2018) dipicu turunnya cadangan minyak mentah Amerika Serikat.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober 2018 naik US$1,27, atau sekitar 1,8 persen, menjadi US$71,12 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2018 meningkat 37 sen, atau sekitar 0,5 persen, menjadi US$79,40 per barel di London ICE Futres Exchange.

Dalam laporan yang dirilis pada Rabu, Energy Information Administration menyebutkan bahwa cadangan minyak AS turun 2,1 juta barel pekan lalu menjadi 394,1 juta barel yang merupakan level terendah sejak Februari 2015. Cadangan minyak AS telah mengalami penurunan lima pekan beruntun.

Persediaan bahan bakar minyak (BBM) anjlok 1,7 barel, jauh melampaui perkiraan penurunan 100 ribu barel. Sedangkan permintaan BBM di AS mencapai 9,5 juta barel per hari.

Para trader selanjutnya akan memperhatikan dengan seksama hasil pertemuan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dengan negara-negara produsen lainnya pada 23 September mendatang di Aljazair. Dalam pertemuan tersebut akan dibahas pengalokasian peningkatan pasokan untuk mengimbangi penurunan pasokan minyak mentah dari Iran.

Pasokan dari Iran ke pasar global terus merosot semakin mendekatinya waktu penjatuhan sanksi AS ke negara tersebut, yang akan berlangsung 4 November mendatang.