Permintaan Diperkirakan Turun, Harga Minyak Dunia Anjlok

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia anjlok pada Kamis (13/9/2018) setelah permintaan minyak mentah global diperkirakan akan mengalami penurunan.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober 2018 turun US$1,78, atau sekitar 2,5 persen, menjadi US$68.59 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2018 merosot US$1,56, atau sekitar 2 persen, menjadi US$78,18 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak WTI maupun minyak mentah Brent mengalami penurunan harian tertajam dalam sebulan terakhir.

International Energy Agency dalam laporan yang dirilis Kamis menyebutkan meski pasar minyak global mengalami pengetatan saat ini, dengan permintaan akan mencapai 100 juta barel per hari dalam tiga bulan ke depan, namun risiko ekonomi global semakin meningkat.

Krisis yang berlangsung di negara-negara emerging market akibat depresiasi mata uang terhadap dolar Amerika Serikat akan meningkatkan biaya mengimpor minyak mentah. Permintaan juga akan turun apabila tensi perdagangan global tidak mereda.

Presiden AS Donald Trump dalam cuitan terbaru di akun Twitter miliknya menyebutkan Negeri Paman Sam tidak berada dalam tekanan untuk melakukan kesepakatan dengan Tiongkok. Perusahaan-perusahaan AS yang melakukan aktivitas di Tiongkok telah mengalami penurunan kinerja akibat terus berlarutnya tensi AS-Tiongkok di bidang perdagangan.