ANALIS MARKET (14/9/2018) : Harga SUN Masih Akan Bergerak Terbatas dengan Arah Pergerakan Bervariasi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pada perdagangan hari ini, diperkirakan harga Surat Utang Negara (SUN) masih akan bergerak terbatas dengan arah pergerakan yang bervariasi jelang disampaikannya data ekonomi domestik.

Demikian diungkapkan analis fixed income MNC Securities, I Made Adi Saputra kepada Pasardana.id, di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Lebih lanjut dijelaskan, pada awal pekan depan, Bank Indonesia (BI) akan menyampaikan data Statistik Utang Luar Negeri bulan Juli 2018 dan di hari yang sama Badan Pusat Statistik akan menyampaikan data neraca perdagangan bulan Agustus 2018. Kedua data tersebut cukup penting dicermati di tengah pergerakan mata uang rupiah yang cenderung mengalami pelemahan.

Adapun dari faktor eksternal, pelaku pasar masih akan mencermati disampaikannya data penjualan ritel di Amerika Serikat yang akan disampaikan pada hari ini waktu setempat.

“Secara teknikal, meskipun pada perdagangan kemarin mengalami kenaikan, namun belum mampu merubah arah indikator yang masih beregrak pada tren penurunan. Hal tersebut kami perkirakan akan berdampak terhadap pergerakan harga yang masih akan bergerak dengan mengalami penurunan dalam jangka pendek. Harga Surat Utang Negara juga terlihat masih berada pada area jenuh jual (oversold),” jelas I Made.

Rekomendasi :

Surat Berharga Negara dengan tenor pendek dan menengah masih kami rekomendasikan bagi investor dengan horizon investasi jangka pendek. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengurangi risiko fluktuasi harga Surat Utang Negara yang akan terjadi kedepannya jelang pelaksanaan FOMC Meeting maupun Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia. Seri - seri tersebut diantaranya adalah ORI013, SR009, PBS016, PBS002, FR0061, FR0043 dan FR0070.

Rencana Lelang Surat Berharga Syariah Negara atau Sukuk Negara seri SPN-S 05032019 (reopening), PBS016 (reopening), PBS002 (reopening), PBS017 (reopening), PBS012 (reopening) dan PBS015 (reopening) pada hari Selasa tanggal 18 September 2018.