Saham Tesla Melambung 11 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham Tesla Inc melambung 11 persen pada Selasa (7/8/2018) setelah CEO perusahaan produsen mobil elektrik tersebut, Elon Musk, mengumumkan rencana untuk membuat Tesla menjadi perusahaan tertutup (private) dengan melakukan pembelian saham dengan harga US$420 per saham.

“Keputusan akhir belum dibuat. Alasan untuk membuat Tesla menjadi perusahaan tertutup disebabkan kondisi tersebut akan mendukung perkembangan perusahaan,” jelas Musk dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Xinhua.

Musk juga menyebutkan beberapa permasalahan yang dihadapi Tesla sebagai perusahaan publik.

“Sebagai perusahaan publik, perubahan harga saham perusahaan menjadi distraksi besar bagi seluruh karyawan Tesla yang merupakan pemilik saham,” kata Musk.

“Selain itu, sebagai perusahaan publik kami juga harus berkutat dengan pelaporan kerugian setiap kuartal yang menjadi beban untuk kuartal tersebut meski sebetulnya tidak ada masalah bagi perkembangan perusahaan dalam jangka panjang,” ia menambahkan.

Saham Tesla juga menjadi sasaran short selling dari para investor kelas kakap, sehingga berfluktuasi dengan sangan tajam.

Dalam cuitan di akunt Twitter miliknya setelah mengeluarkan pernyataan, Musk menyebut para investor mendukung rencana untuk menjadikan Tesla perusahaan tertutup. Keputusan akan menjadi final apabila disahkan dalam voting pemilik saham.

Nilai pasar Tesla saat ini mencapai sekitar US$64 miliar. Jika proses perubahan status Tesla menjadi perusahaan tertutup selesai, maka nilai pasar perusahaan akan mencapai US$71 miliar.