Indeks Nikkei Berakhir Datar

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, berakhir datar pada Rabu (8/8/2018). Angka indeks hanya bergerak turun 18,43 poin menjadi 22.644,31. Indeks Topix juga berakhir datar, hanya melemah 1,34 poin menjadi 1.744,71.

Para investor berhati-hati jelang pertemuan tingkat tinggi antara Jepang dengan Amerika Serikat yang berlangsung pada Kamis (9/8/2018), dengan Menteri Perekonomian Jepang Toshimitsu Motegi bersua dengan Wakil Perdagangan AS Robert Lighthizer untuk membahas kesepakatan dagang antara kedua negara.

“Para investor memperkirakan AS akan menempatkan Jepang dalam posisi sulit, seperti yang telah dilakukan terhadap Tiongkok dan Eropa,” kata Hikaru Sato, analis Daiwa Securities, seperti dikutip Reuters.

Sektor teknologi menguat mengikuti penguatan sektor tersebut di Wall Street. Saham Hitachi dan NTT masing-masing melonjak 1,38 persen dan 3,56 persen.

Saham perusahaan yang mengkhususkan diri dalam bidang optik dan gambar, Nikon Corporation, melambung 9,38 persen setelah meningkatkan perkiraan perolehan laba bersih tahunan dan mengumumkan kemungkinan peningkatan dividen yang dibagikan.

Di sisi lain, saham perusahaan minuman Kirin Holdings anjlok 5,91 persen akibat mengalami penurunan laba tahunan sebesar 5 persen.

Nilai tukar dolar AS terhadap yen berada di kisaran 111,38 yen per dolar AS.