Harga Minyak Dunia Terus Meningkat

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia terus meningkat pada Selasa (7/8/2018) dengan berlangsungnya sanksi Amerika Serikat terhadap Iran.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2018 naik 16 sen menjadi US$69,17 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2018 meningkat 90 sen menjadi US$74,65 per barel di London ICE Futures Exchange.

Pemerintah AS dalam pernyataan pada Senin (6/8/2018) menyebut akan mengaktifkan kembali sanksi terhadap Iran di sektor keuangan dan industri mulai Selasa.

Sanksi tersebut, ditambah sanksi lainnya mulai November mendatang, akan membuat sanksi AS terhadap Iran mencapai level yang sama dengan sebelum kesepakatan nuklir multilateral tercapai 2015 lalu.

Menurut para analis, sanksi AS terhadap Iran akan menghambat ekspor minyak mentah Iran dalam beberapa bulan mendatang sehingga pasokan global berkurang 600 ribu sampai 1,5 juta barel per hari.

Pelemahan nilai tukar dolar AS juga membuat komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi lebih menarik bagi para pemilik dana dalam mata uang lain. Indeks dolar AS turun 0,15 persen menjadi 95,217.