BEI Tengah Tunggu Emiten Ke 600

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mencatatkan emiten ke 600 dalam waktu dekat ini. Karena angka 600 tergolong angka istimewa, operator bursa itu tengah melakukan identifikasi calon emiten yang tengah menunggu pernyataan efektif penerbitan efek bersifat ekuitas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal itu disampaikan Direktur Penilaian Perusahaan BEI, IGD Nyoman Yetna di Jakarta, Rabu (29/8/2018).

”Kami identifikasi dulu yang sudah menyampaikan proses pencatatan efek dan telah mendapat pernyataan efektif dari OJK,” kata dia.

Ia menilai, pencatatan emiten ke 600 setelah 41 tahun bursa diaktifkan kembali menjadi satu titik pencapaian yang patut dibanggakan.

“Angka 600 kan satu titik psikologis,” ujar dia.

Untuk diketahui, saat ini sudah tercatat 597 emiten dan dalam waktu dekat empat calon emiten bersiap melantai di bursa. Rincinya, PT Madusari Murni Indah Tbk (MOLI) telah mendapatkan pernyataan efektif dan akan melakukan pencatatan pada tanggal 30 Agustus 2018.

Sedangkan tiga perusahaan lainnya, yakni PT Arkadia Digital Tbk, PT Natura City Development Tbk dan PT Superkrane Mitra Utama Tbk tengah menunggu pernyataan efektif dari regulator pasar modal.

Sementara itu, empat perusahaan menambah deretan panjang calon emiten tahun ini menjadi 19. Empat perusahaan itu adalah; PT Kagum Jaya Sakti Tbk, PT HK Metals Utama Tbk, PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk dan PT Oto Trans Indo Tbk.