Harga Minyak Dunia Turun Dipicu Peningkatan Persediaan di Cushing

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Senin (13/8/2018) setelah data terbaru menunjukkan peningkatan persediaan di pusat pengiriman minyak mentah Amerika Serikat.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2018 turun 43 sen, atau sekitar 0,7 persen, menjadi US$67,20 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2018 melorot 20 sen, atau sekitar 0,3 persen, menjadi US$72,61 per barel di London ICE Futures Exchange.

Penurunan harga terjadi dipicu data yang dirilis Genscape yang menyebutkan persediaan minyak mentah di Cushing, Oklahoma, yang merupakan pusat pengiriman minyak WTI meningkat 1,7 barel pada pekan yang berakhir 10 Agustus.

Krisis finansial yang berlangsung di Turki mulai menyebar ke negara-negara emerging economies, dengan nilai tukar rand Afrika Selatan, peso Argentina dan Meksiko, serta rubel Rusia mengalami penurunan. Bila terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh terhadap permintaan minyak global.