Harga Minyak Dunia Meningkat Jelang Libur 4 Juli

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia meningkat pada Selasa (3/7/2018), jelang berlangsungnya libur perayaan Hari Kemerdekaan di Amerika Serikat pada 4 Juli.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus 2018 naik 20 sen menjadi US$74,14 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus 2018 meningkat 46 sen menjadi US$77,76 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia reli di awal perdagangan, sehingga harga minyak WTI sempat mencapai di atas US$75 untuk pertama kalinya sejak tiga tahun lalu, dipicu kekhawatiran terganggunya pasokan dari Timur Tengah setelah Iran mengancam akan memblokade Selat Hormuz apabila AS menjatuhkan sanksi. Namun kemudian harga merosot setelah para trader melakukan aksi ambil untung jelang libur 4 Juli.

Harga setelah itu rebound mencapai angka penutupan setelah pasar meyakini gangguan pasokan tidak akan dapat diatasi secepat perkiraan sebelumnya. Dalam sesi perdagangan setelah penutupan, harga terus meningkat setelah American Petroleum Institute merilis laporan yang menyebutkan cadangan minyak mentah AS turun melebihi ekspektasi pekan lalu.