Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Terganggunya Pasokan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Senin (30/7/2018) dipicu terganggunya pasokan.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2018 naik US$1,44, atau sekitar 2,1 persen, menjadi US$70,13 per barel di New York Mercantile Exchange.

Kekhawatiran bahwa penghentian operasional fasilitas Syncrude di Kanada tidak akan selesai secepat yang diharapkan mendongkrak harga minyak WTI. Sebelumnya harga minyak WTI telah terdukung turunnya cadangan minyak mentah Amerika Serikat.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2018, kontrak minyak yang paling aktif diperdagangkan pada Senin, naik 79 sen menjadi US$75,55 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman September 2018, yang kontraknya berakhir pada Selasa (31/7/2018), meningkat 68 sen, atau sekitar 0,9 persen, menjadi US$74,97 per barel. Volume perdagangan kontrak minyak yang akan hendak berakhir cenderung mengalami penurunan.

Harga minyak dunia selanjutnya berpeluang untuk terus naik terpengaruh sanksi AS terhadap Iran. Presiden AS Donald Trump rencananya akan melakukan pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dalam waktu dekat.