Harga Minyak Dunia Melonjak Dipicu Kekhawatiran Berkurangnya Pasokan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia melonjak pada Kamis (7/6/2018) dipicu kekhawatiran berkurangnya pasokan minyak mentah ke pasar global.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2018 naik US$1,22, atau sekitar 1,88 persen, menjadi US$65,95 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli 2018 meningkat US$1,96, atau sekitar 2,6 persen, menjadi US$77,32 per barel di London ICE Futures Exchange.

Kekhawatiran mencuat terhadap terganggunya pasokan minyak mentah dari Venezuela yang terancam sanksi dari Amerika Serikat. Selain itu, para trader juga terpengaruh pernyataan Menteri Energi Aljazair Mustapha Guitouni bahwa OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) perlu fokus menstabilkan pasar daripada berpikir untuk menaikkan produksi.

Irak yang juga merupakan anggota OPEC telah menyebutkan tidak memiliki keinginan untuk meningkatkan produksi. Pernyataan tersebut terjadi setelah ada permintaan tidak resmi dari AS terhadap pemimpin OPEC Arab Saudi untuk meningkatkan produksi.