Indeks Nikkei Meningkat 0,38 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, meningkat 86,19 poin, atau sekitar 0,38 persen, pada Rabu (6/6/2018), menjadi 22.625,73. Indeks Topix juga diwarnai penguatan, naik 0,15 persen menjadi 1.777,59.

Sektor teknologi mengikuti pergerakan positif di Wall Street. Saham Kyocera Corporation, Alps Electric, dan Nikon Corporation masing-masing naik 0,6 persen, 1 persen, dan 1,59 persen.

Para investor selanjutnya akan terpengaruh hasil pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada 7 Juni. Trump kemudian akan bertemu pimpinan Korea Utara Kim Jong-Un di Singapura lima hari berselang.

“Atensi para investor tertuju kepada dua event tersebut, jadi mereka kemungkinan akan mengambil langkah hati-hati untuk sementara waktu,” kata Isao Kubo, equity strategist Nissay Asset Management, seperti dikutip Reuters.

“Para investor menantikan terlebih dahulu pengaruh hasil dua pertemuan itu terhadap perekonomian global. Perekonomian AS mungkin solid, namun tidak demikian dengan perekonomian negara lain,” jelas Kubo.

Sektor finansial melemah setelah para investor menanggapi dengan kurang baik pernyataan Perdana Menteri Italia yang baru Giuseppe Conte, bahwa ia akan menerapkan kebijakan ekonomi yang akan menambah utang negara. Saham Mitsubishi UFJ Financial Group dan Mizuho Financial Group masing-masing turun 1,06 persen dan 0,2 persen.

Saham Subaru Corporation anjlok 1,4 persen setelah perusahaan otomotif tersebut menyatakan bahwa jumlah kendaraan produksinya yang terpengaruh kasus pemalsuan data mencapai 1.551 unit, dari sebelumnya hanya 903 unit.

Akibat skandal tersebut, Yasuyuki Yoshinaga akan mundur dari jabatan CEO dan presiden perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab. Ia akan digantikan Tomomi Nakamura mulai 22 Juni mendatang.

Nilai tukar dolar AS terhadap yen mencapai 109,86 yen per dolar AS, menguat tipis dari sesi sebelumnya.

Secara umum bursa efek Asia menguat hari ini, dengan indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang meningkat 0,7 persen.

Indeks S&P/ASX 200 di Bursa Australia naik 30,20 poin, atau sekitar 0,50 persen, menjadi 6.025,10. Di Asia Tenggara, indeks utama perdagangan saham Bursa Thailand, Filipina, Malaysia, dan Vietnam menguat, sedangkan Bursa Singapura dan Indonesia melemah.

Indeks Shanghai Composite di Bursa Efek Shanghai, Tiongkok, berakhir datar dengan peningkatan tipis 0,97 poin menjadi 3.115,18. Indeks Hang Seng di Bursa Efek Hong Kong meningkat 165,65 poin, atau sekitar 0,53 persen, menjadi 31.259,10.

Bursa Efek Korea di Seoul, Korea Selatan, libur hari ini sehubungan perayaan Memorial Day.