Harga Minyak Dunia Naik Empat Sesi Beruntun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia terus mengalami peningkatan, naik untuk sesi keempat beruntun pada Senin (7/5/2018).

Seperti dilansir Reuters, harga harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2018 naik US$1,01, atau sekitar 1,5 persen, mencapai US$70,73 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga minyak WTI untuk pertama kalinya mencapai di atas US$70 sejak November 2014.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli 2018 meningkat US$1,30, atau sekitar 1,7 persen, menjadi US$76,17 per barel di London ICE Futures Exchange.

Perusahaan minyak Amerika Serikat ConocoPhillips akan mengambil alih aset perusahaan minyak Venezuela PDVSA di Karibia untuk menegakkan putusan arbitrase senilai US$2 miliar. Langkah ConocoPhillips tersebut akan membuat pendapatan PDVSA terbatasi dan produksinya berkurang. Berkurangnya pasokan minyak mentah dari PDVSA turut mendongkrak harga minyak dunia.

Para trader juga terpengaruh akan segera diumumkannya keputusan Presiden AS Donald Trump terkait kesepakatan nuklir Iran. Apabila sanksi baru dikenakan terhadap Iran, maka pasokan minyak mentah dari negara tersebut ke pasar global akan berkurang sehingga meningkatkan harga.