Ekspansi Bisnis Alfaria Butuh Rp2,9 Triliun

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) pada tahun ini menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp2,9 triliun. Sebagian besar dana tersebut akan dipergunakan untuk penambahan gerai di sejumlah wilayah.

Menurut Direktur Keuangan dan Corporate Secretary, Tomin Widian, 90 persen dari anggaran tersebut akan digunakan perseroan untuk menambah gerai dan memperpanjang sewa gerai yang kontraknya akan habis. Sementara sisanya untuk pembangunan dua gudang di Bali dan Manado.

"Untuk gudang selama ini kita ada, tapi sewa. Nah, sekarang kita sudah punya lahan tinggal bangun. Makanya 10 persen untuk bangun dua gudang itu," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut dijelaskan, per kuartal 1 2017, perseroan telah membuka sekitar 400 gerai Alfamart di seluruh Indonesia.

Rencananya, perseroan akan membuka 50% gerainya di luar jawa, sisanya berada di pulau Jawa.

Dari data akhir Desember 2016, AMRT sudah memiliki sekitar 12.366 gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Gerai-gerai ini belum termasuk gerai milik anak usaha perseroan, seperti Alfamidi sebanyak 1230 gerai, dan 100-an lebih gerai Lawson.

Meski demikian, pembukaan gerai ini belum termasuk dalam rencana ekspansi perseroan ke negara tetangga yakni Filipina dengan membuka gerai sebesar 100-150 gerai sehingga bisa menambah jumlah gerai total di negara tetangga tersebut hingga 300-350 gerai.