Vietnam Targetkan Pertumbuhan GDP 6,7 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Pemerintah Vietnam menargetkanpertumbuhan GDP (gross domestic product) 6,7 persen dan tingkat inflasi 4 persen tahun ini. Demikian disebutkan dalam pernyataan resmi pada Senin (21/5/2018), seperti dikutip Xinhua.

Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil Perdana Menteri Vietnam Truong Hoa Binh dalam sesi kelima Majelis Nasional Vietnam ke-14 yang dibuka pada Senin.

Menurut Binh, Vietnam tahun ini akan menurunkan suku bunga, menstabilkan pasar mata uang asing, dan meningkatkan cadangan mata uang asingnya. Negara tersebut juga akan menjaga defisit anggaran di bawah 3,7 persen dari GDP.

Vietnam akan lebih memberi perhantian terhadap investasi sektor swasta, terutama investasi di proyek-proyek pembangunan infrastruktur.

Perekonomian Vietnam tumbuh 7,38 persen pada kuartal pertama tahun ini. Pada periode yang sama tahun lalu, pertumbuhan hanya mencapai 5,48 persen.

Dalam empat bulan pertama tahun ini, turnover ekspor meningkat 19 persen year-on-year, menghasilkan surplus perdagangan sebesar US$3,4 miliar.