Indeks Nikkei Turun 0,21 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, turun 47,84 poin, atau sekitar 0,21 persen, pada Selasa (15/5/2018), menjadi 22.818,02. Sedangkan indeks Topix berakhir datar di level 1.805,15.

Menurut para trader, dengan indeks Nikkei semakin mendekati level resistensi 23.000, aksi ambil untung menjadi berakselerasi, terutama dengan mencuatnya tensi geopolitik di Timur Tengah.

“Perusahaan-perusahaan Jepang hampir usai merilis laporan laba terbaru dan pasar telah mencapai harga-harga tertingginya. Keadaan tersebut membuat para investor melakukan aksi ambil untung,” kata Hikaru Sato, analis teknis senior Daiwa Securities, seperti dikutip Reuters.

Di sektor properti, saham Mitsubishi Estate dan Mitsui Fudosan masing-masing anjlok 5,2 peren dan 3,1 persen.

Saham Toshiba Corporation melambung 3,5 persen setelah memperkirakan peningkatan laba bersih sebesar 33 persen pada tahun fiskal saat ini berkat penjualan unit chip memori dengan harga US$18 miliar. Keuntungan dari penjualan tersebut akan dibagikan kepada para pemegang saham.

Indeks sektor perbankan melonjak 1,2 persen, dengan saham Mitsui Sumitomo Financial Group naik 2,1 persen setelah melaporkan peningkatan laba bersih tahunan sebesar 3,9 persen berkat penurunan biaya kredit macet dan pendapatan dari kepemilikan ekuitas. Mitsui juga menyatakan akan melakukan buyback terhadap 1,4 persen saham senilai 70 miliar yen.

Saham perbankan lainnya yang juga meningkat signifikan hari ini adalah saham Mitsubishi UFJ Financial Group dan Mizuho Financial Group, yang masing-masing naik 1,7 persen dan 0,8 persen.

Sementara itu, MSCI telah melakukan pergantian terhadap konstituen indeksnya pada Senin. Indeks MSCI Jepang menambahkan CyberAgent, Kobayashi Pharmaceutical Co, SG Holdings Co and Tokyo Century Corp.

Reaksi bervariasi muncul setelah penambahan tersebut, dengan saham CyberAgent anjlok 2,8 persen, saham Kobayashi terjun 3,7 persen, saham SG Holdings naik 1,7 persen, dan saham Tokyo Century merosot 3,1 persen. MSCI juga menghapus Hachijuni Bank, Kyushu Financial Group, dam Mixi Inc.

Nilai tukar dolar Amerika Serikat menguat 0,1 persen terhadap yen menjadi 109,72 yen per dolar AS.