Volume Perdagangan Meningkat, GJTL, LEAD dan SMGR Layak Dicermati

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Selasa (3/4/2018) ditutup melemah 0,19% di level 6.229,01. Tapi beberapa saham mengalami peningkatan volume transaksi dan membentuk pola transaksi positif.

Analis Market Pasardana.id, Arief Budiman menilai, SMGR, GJTL dan LEAD pada hari ini mengalami kenaikan volume transaksi dan membentuk pola transaksi positif dan layak di cermati pada perdagangan, Rabu (4/4/2018).

“Pola transaksi SMGR membentuk pola three white soldier yang menggambarkan adanya pergerakan positif dengan berhasil naik dalam tiga hari berturut-turut,” terang Arief di Jakarta, Selasa (03/4/2018) sore.

Ia menambahkan, volume perdagangan saham emiten semen ini mulai meningkat meskipun belum terlalu signifikan. Bahkan, investor asing tercatat beli bersih cukup besar senilai Rp 31,51 miliar.

“Selain itu, MA 5 terlihat akan golden cross dengan MA 20 mengindikasikan ada potensi uptrend jangka pendek,” ujar dia.

Sementara itu, GJTL, menurut Arief, membentuk pola bullish candle dengan body cukup besar menggambarkan adanya pergerakan positif dalam rentang yang cukup lebar. Apalagi, volume mengalami peningkatan menandakan adanya akumulasi beli yang mendorong GJTL naik dalam tiga hari terakhir.

“Stochastic terlihat bergerak naik mengindikasikan adanya potensi kenaikan dengan target terdekat batas atas pada level  935,” ujar dia.

Sedangkan, LEAD, jelas Arif, membentuk bullish candle dengan short upper shadow yang menggambarkan pergerakan positif hingga hampir berakhir pada level tertingginya. Bahkan, pergerakan LEAD terlihat mulai rebound dalam dua hari terakhir pasca mendekati garis MA 60 menandakan ada support cukup kuat pada garis tersebut.

“Volume juga terlihat mengalami peningkatan menandakan adanya sinyal akumulasi. Stochastic terpantau telah golden cross di sekitar area jenuh jual mengindikasikan momentum kenaikan cukup kuat,” urai dia.