Pola Transaksi Menarik, ELSA, TKIM dan IMAS Layak Dicermati

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Selasa (24/4/ 2018) melemah 1,24% di level 6.308,15.  Tapi beberapa saham cukup menarik dicermati karena adanya peningkatan volume transaksi dan membentuk pola transaksi positif.

Analis Market Pasardana.id, Arief Budiman menilai, ELSA, TKIM dan IMAS layak dicermati pada perdagangan Rabu (25/4/2018) karena membentuk pola transaksi positif dan peningkatan volume transaksi.

“Misalnya ELSA, saham ini membentuk lower shadow yang lebih panjang dibandingkan upper shadow menandakan adanya perlawanan setelah pada hari ini ELSA sempat bergerak dalam zona merah,” papar dia di Jakarta, Selasa (24/4/2018) sore.

Lebih jauh, jelas Arief, pergerakan ELSA tampak memantul pada garis MA 20 menandakan ada support cukup kuat.

“Volume menunjukkan peningkatan disertai inflow asing senilai Rp 4,06 miliar menandakan adanya sinyal akumulasi. RSI terlihat mulai bergerak positif,” kata dia.

Sementara TKIM, menurut Arief, bergerak positif dengan terbentuknya lower shadow menandakan adanya pergerakan rebound di saham TKIM setelah sempat berada pada zona merah.

“Volume terus menunjukkan peningkatan menandakan antusiasme beli yang masih tinggi. RSI terlihat masih bergerak positif menandakan sinyal kenaikan yang masih kuat di tengah major uptrend-nya,” jelas dia.

Sedangkan IMAS, tutur Arief, membentuk bullish spinning top yang menggambarkan pergerakan cukup bervariatif pada saham IMAS dengan kecenderungan menguat.

“Secara tren, IMAS masih dalam uptrend kuat pasca naik signifikan dalam beberapa hari terakhir. Namun volume menunjukkan penurunan dibandingkan hari sebelumnya, menandakan ada pembelian yang berkurang,” jelas Arief.