Pola Transaksi Menarik, ASII, HRUM, BWPT Layak Dikoleksi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Senin (16/4/2018) menguat 0,26% di level 6.286,75. Seiring dengan kondisi tersebut, beberapa saham menarik untuk ditransaksikan pada perdagangan besok, Selasa (17/4/2018) karena pola transaksi yang positif.

Analis Market Pasardana.id, Arief Budiman mengatakan, beberapa saham yang layak ditransaksi besok adalah ASII, HRUM dan BWPT.

“Misalnya, ASII membentuk bullish spinning top menggambarkan adanya tekanan jual dan beli yang relatif seimbang meskipun cenderung menguat,” ujar dia di Jakarta, Senin (16/4/2018) sore.

Ia menambahkan, pergerakan saham emiten otomotif itu mencoba rebound setelah menyentuh garis MA 20.

“Volume mengalami penurunan menandakan saham ini belum terlalu ramai ditransaksikan. Posisi ASII saat ini masih relatif berada di area titik terendah menandakan risiko penurunan yang mulai terbatas dengan batas bawah di level 7.475,” urai dia.

Sementara HRUM, jelas Arief, telah membentuk bullish candle dengan short upper shadow menggambarkan adanya pergerakan positif hingga hampir ditutup di level tertingginya, yakni satu tick di bawah level tersebut.

“Volume mengalami peningkatan dengan disertai inflow asing senilai Rp 6,42 miliar yang menandakan adanya kenaikan minat beli. Pergerakan HRUM terlihat mampu menembus batas atas pada level  3.040 mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan dengan didukung RSI yang bergerak positif,” papar dia.

Sedangkan, BWPT, menurut Arief, telah membentuk bullish candle dengan short lower shadow menggambarkan pergerakan positif dengan mampu berakhir di level tertingginya, meskipun sempat menyentuh satu tick di bawah level pembukaan.

“Volume menunjukkan peningkatan, menandakan adanya kenaikan minat pembelian. Indikator RSI terlihat mulai bergerak naik menandakan momentum kenaikan yang terbuka,” jelas dia.