Lewat Anak Usaha, SUPR Terbitkan Surat Utang Senilai USD 400 Juta

foto : istimewa

Pasardana.id - Pratama Agung Pte. Ltd, anak usaha SUPR berencana menerbitkan notes (surat utang) dalam mata uang asing senilai USD400 juta atau setara Rp5,35 triliun jika mengacu nilai tukar sebesar Rp13.338 per dollar Amerika Serikat.

PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) akan bertindak sebagai penjamin dengan aset atas kewajiban anak usahanya yang berkedudukan hukum di Singapura.

Hal itu tertuang dalam ringkasan emiten penyedia jasa dan sarana telekomunikasi, dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Senin (17/4/2017).

"Notes tersebut akan jatuh tempo dalam waktu tujuh tahun atau 2024 dan dengan bunga sebesar-besarnya 8%," sebut laporan tadi.

Lebih lanjut, dalam laporan tersebut juga dijelaskan, setelah penerbitan notes tersebut, dananya akan diserahkan kepada Kharisma Ltd sebagai pinjaman sekaligus penyertaan modal dan selanjutnya dana tersebut, oleh Kharisma akan diberikan kepada perseroan dalam bentuk pinjaman.

Jika mengacu pada ringkasan tersebut, oleh perseroan dana hasil penerbitan notes tersebut akan digunakan pembiayaan pinjaman, menambah modal kerja dan menunjang kebutuhan pendanaan. 

Karena dana hasil penerbitan notes lebih besar 50% dari ekuitas perusahaan atau setara 114,2% dari ekuitas perseroan, maka rencana tersebut harus mendapat persetujuan pemegang saham sebagaimana tertuang pada peraturan No.IX.E.2 dan peseroan akan menggelar Rapat Umum Saham Tahunan dan Luar Biasa pada tanggal 23 Mei 2017.