Investasi Tiongkok di AS Turun Lebih dari 90 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Investasi Tiongkok di Amerika Serikat mengalami penurunan tajam tahun lalu seiring meningkatnya ketegangan kedua negara.

Nilai kesepakatan yang dimumkan pada 2017 turun lebih dari 90 persen dari tahun sebelumnya, menurut studi bersama yang dilakukan National Committee on US-China Relations dan Rhodium Group.

Menurut laporan dari hasil studi bersama tersebut, perubahan kebijakan baik di AS maupun di Tiongkok menyebabkan penurunan investasi. Tiongkok menerapkan kebijakan pengurangan investasi luar negeri, sedangkan AS menekankan kebijakan yang mengutamakan keamanan nasional.

“Perubahan kebijakan telah mengubah pola investasi asing langsung antara kedua negara dan akan terus mengubah tingkatan dan komposisi investasi di masa depan,” jelas isi laporan dari hasil studi bersama, seperti dikutip BBC News.

Perusahaan Tiongkok memiliki pengaruh cukup besar di Negeri Paman Sam. Sekitar 140.000 orang di AS saat ini diperkerjakan oleh perusahaan yang sahamnya mayoritas dimiliki perusahaan Tiongkok, di sektor-sektor seperti properti, hospitality, dan entertainment.