Indeks Nikkei Menguat 0,54 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, menguat 116,06 poin, atau sekitar 0,54 persen, pada Selasa (10/4/2018), menjadi 21.794,32 yang merupakan angka penutupan tertinggi sejak 15 Maret.

Angka indeks sempat mencapai 21.933,99 sebelum berakhir di angka penutupan. Sedangkan Indeks Topix naik 0,4 persen menjadi 1.731,94.

Indeks Nikkei sebetulnya sempat melemah di awal perdagangan hari ini. Namun setelah Presiden Tiongkok melakukan pidato, para investor melakukan aksi beli terutama saham sektor otomotif.

Dalam pidatonya, Xi menjanjikan penurunan cukai impor berbagai produk termasuk mobil. Xi juga menyebutkan akan meningkatkan batas kepemilikan asing di sektor otomotif Tiongkok dalam waktu dekat dan mendorong berlangsungnya keterbukaan di sektor finansial Negeri Panda.

“Ia (Xi) berbicara lebih detil dari yang diperkirakan pasar,” kata Nobuhiko Kuramochi, strategist Mizuho Securities, seperti dikutip Reuters.

“Pasar berfokus terhadap beberapa sektor yang disebutkan, termasuk otomotif dan finansial. Ia memberikan cukup banyak penjelasan sehingga memuaskan para investor,” jelas Kuramochi.

Sektor otomotif menguat 1,4 persen hari ini. Saham Toyota Motor Corporation, Honda Motor Company, dan Mazda Motor Corporation masing-masing naik 1,4 persen, 2,6 persen, dan 0,8 persen.

Perusahaan-perusahaan Jepang dengan produk yang memiliki pasar yang besar di Tiongkok juga mengalami reli. Saham Fanuc Corporation, Okuma, dan Komatsu masing-masing meningkat 3,3 persen, 4 persen, dan 2,9 persen.

Nilai tukar dolar Amerika Serikat naik 0,3 persen terhadap yen Jepang menjadi 107,13 yen per dolar AS.