Indeks Nikkei Meningkat 0,47 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, meningkat 101,13 poin, atau sekitar 0,47 persen, pada Jumat (9/3/2018), menjadi 21.469,20. Angka indeks sempat mencapai 21.884,45, angka tertinggi sejak 1 Maret lalu. Dalam sepekan terakhir, indeks Nikkei telah meningkat 1,4 persen. Indeks Topix naik 0,3 persen menjadi 1.715,48.

Penguatan yang terjadi hari ini dipicu kabar akan berlangsungnya pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pimpinan Korea Utara Kim Jong-Un pada Mei mendatang.

“Pasar modal Jepang relatif sangat terpengaruh peluncuran peluru kendali Korea Utara tahun lalu bila dibandingkan pasar modal di negara lainnya, jadi pertemuan antara kedua pemimpin menjadi hal yang sangat positif, paling tidak untuk jangka pendek,” kata Hikaru Sato, analis teknis senior Daiwa Securities, seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya pasar telah terdongkrak kabar diperlunaknya pengenaan cukai terhadap baja dan alumunium impor oleh pemerintah AS. Pengenaan cukai tersebut tidak berlaku terhadap produk yang berasal dari Kanada dan Meksiko, negara lain juga dapat mengajukan permohonan pengecualian dari cukai tersebut.

Meski demikian, saham perusahaan baja Jepang tetap melemah. Saham Nippon Steel & Sumitomo Metal dan JEF Holdings masing-masing turun 0,7 persen dan 1,5 persen.

Saham perusahaan produsen alat pertahanan terjun bebas karena kabar pertemuan Trump dan Kim menyebabkan tensi di Semenanjung Korea berkurang. Saham Ishikawa Seisakusho, Howa Machinery, dan Shigematsu Works masing-masing anjlok 11 persen, 10 persen, dan 7,2 persen.

Saham-saham utama di Bursa Tokyo yang mengalami penguatan signifikan hari ini adalah SoftBank (1,3 persen), Daikin Industries (1,7 persen), T&D Holdings (1,3 persen), dan Sompo Holdings (1,7 persen).

Tertutupi kabar akan bertemunya Trump dan Kim, pengumuman Bank of Jepang untuk tidak mengubah kebijakan moneter hari ini minim berdampak terhadap perdagangan saham di Bursa Tokyo.

Nilai tukar dolar AS menguat 0,6 persen terhadap yen Jepang menjadi 106,87 yen per dolar AS.