Sepekan, Kinerja Reksa Dana Memuaskan

foto : ilustrasi reksa dana

Pasardana.id - Seluruh indeks reksa dana, baik saham, pendapatan tetap maupun campuran mencatatkan kinerja positif di pekan lalu. Hal ini ditopang oleh kinerja pasar saham dan obligasi yang juga menguat selama periode tersebut.

Lembaga penyedia informasi dan investasi reksa dana, PT Infovesta Utama melaporkan, kinerja terbaik dibukukan oleh indeks reksa dana saham yang menguat 1.13%, disusul oleh indeks reksa dana campuran yang menguat 0.52%.

Pasca-penyematan status investment grade oleh lembaga pemeringkat Standard and Poors di Mei lalu, indeks harga saham gabungan (IHSG) terus mencatat kinerja positif bahkan memecahkan rekor sepanjang masa.

"Indeks reksa dana pasar uang menjadi jenis reksa dana yang mengalami kenaikan terkecil selama minggu lalu," jelas Viliawati, analis senior dari Infovesta kepada Pasardana.id, Selasa (6/6/2017).

Vilia mengungkapkan, unggulnya kinerja indeks reksa dana saham dan campuran di pekan lalu disebabkan oleh penguatan pasar saham yang juga lebih tinggi dibandingkan pasar obligasi dan pasar uang.

Dilihat dari kinerja year-to-date hingga akhir pekan lalu, seluruh indeks reksa dana juga masih bertahan di zona positif, dipimpin oleh indeks reksa dana pendapatan tetap," pungkasnya.