Reksa Dana Bursa Berbasis Surat Utang Kini Seharga Rp40.000

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Indo Premier Investment Management (IPIM) meluncurkan produk Exchange Traded Fund (Reksa Dana Bursa/ETF) berbasis Surat Berharga Negara (SBN) bernama Premier ETF Indonesia Sovereign Bonds (Premier ETF INDOSOB) berkode XISB.

Direktur Utama IPIM, Diah Sofiyanti mengatakan, produk ETF obligasi pertama yang dikelola secara aktif di Indonesia ini, diharapkan bisa memudahkan investor untuk mengatur strategi pengelolaan dan pencapaian target imbal hasil portofolio.

"XISB merupakan produk ETF dengan underlying asset obligasi pertama yang dikelola," ujar Sofiyanti di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Menurut dia, penerbitan XISB juga untuk mendukung program pemerintah terkait kewajiban lembaga jasa keuangan nonbank untuk memiliki SBN, termasuk SUN dan/atau SBSN minimal 30 persen.

Sofiyanti menyebutkan, pengelolaan XISB sebagai produk ETF kesembilan IPIM ini, menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank kustodian dan PT Indo Premier Securities sebagai dealer partisipan.

"Untuk memberikan kemudahan bagi investor dalam berinvestasi di SUN, maka kami menerbitkan ETF dengan aset berupa SBN, sehingga investor dapat melakukan diversifikasi risiko ke beberapa seri SUN dalam satu transaksi yang fleksibel dan transparan," paparnya.

Lebih lanjut dia menyebutkann, saat ini hanya ada satu indeks obligasi berdenominasi rupiah yang menjadi acuan XISB, yakni INDOBex-Government.

"Transparansi portofolio produk ETF terjaga, karena isi portofolio di unggah ke website Bursa Efek Indonesia (BEI) setiap hari bursa," jelas Sofiyanti.

Ditambahkan, pembelian produk ETF XISB hanya dengan Rp40.000 per satu lot dengan manfaat optimal.

"Produk ini adalah terobosan baru cara berinvestasi di pasar obligasi dengan mudah, murah dan transparan," ucap Sofiyanti.