Obligasi Global Chandra Asri Sempat Oversubscribed 11,3 Kali

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) berhasil merealisasikan penerbitan obligasi global bernilai US$300 juta. Bahkan, obligasi ini sempat mengalami kelebihan permintaan hingga 11,3 kali dengan orderbook US$3,4 miliar.

"Sehingga memungkinkan untuk menekan sebesar 40bps menjadi reoffer yield 5,1% per tahun," ujar Direktur Chandra Asri Suryandi dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Dan akhirnya, kelebihan permintaan obligasi tersebut menjadi 7,3 kali dengan orderbook mencapai US$2,2 miliar itu. Adapun obligasi ini bertenor 7 tahun dengan kupon 4,95 persen.

Suryandi menambahkan, beberapa investor yang menyerap obligasi itu antara lain investor institusi meliputi fund manager global, dana pensiun, agen asuransi, korporasi, bank dan lainnya.

Menurut para joint global coordinators, penerbitan ini merupakan kupon terendah obligasi dalam denominasi dollar Amerika Serikat dalam 7 tahun yang diterbitkan perusahaan Indonesia.

"Penerbitan ini juga merupakan salah satu tenor terpanjang yang dicapai di pasar obligasi dollar Amerika Serikat oleh perusahaan petrokimia swasta di Asia Tenggara," terangnya.

Suryandi juga bilang, obligasi ini untuk mendanai belanja modal terkait peningkatan kapasitas produksi dan kembalinya perseroan ke pasar obligasi dollar Amerika Serikat dan merupakan bukti transformasi serta dukungan investor terhadap manajemen.